This is an old revision of the document!
Manajemen Proyek
Halaman ini akan membahas mengenai garis besar cara mengelola proyek ala TLab. Bagian yang dibahas adalah fase setelah proyek deal.
Tugas Divisi
Dalam mengelola proyek melibatkan beberapa divisi. Berikut adalah divisi yang terlibat beserta tugasnya:
IT
Mengembangkan aplikasi
Membuat laporan proyek (Laporan awal, antara, akhir)
Membuat buku panduan penggunaan aplikasi (user manual)
Design
Infra
AFS
Output Proyek
Hasil pekerjaan proyek biasanya terdiri dari:
Revisi
Revisi merupakan perubahan persyaratan atas suatu fitur yang telah disepakati sebelumnya. Revisi bukan merupakan penambahan fitur, melainkan penyesuaian dari suatu fitur. Contoh revisi diantaranya:
Penyesuaian warna
Penyesuaian alur
Penyesuaian UI/UX
Catatan penting terkait revisi:
Setiap revisi yang diminta oleh klien perlu dicatat dalam suatu dokumen revisi.
Kesempatan revisi biasanya dibatasi oleh jumlah revisi dan waktu untuk revisi. Contoh:
Setiap proyek memilik kebijakan revisi yang berbeda-beda sesuai penawaran.
Jika revisi dilakukan melebihi kesempatan yang diberikan, maka revisi yang diminta oleh klien akan dikenakan biaya tambahan. Infokan hal ini ke tim sales marketing.
Garansi
Garansi merupakan bentuk tanggung jawab atas pekerjaan yang telah disepakati. TLab selalu memberi garansi atas setiap pekerjaan yang telah dikerjakan untuk memberikan jaminan kualitas pelayanan kepada klien.
Ruang Lingkup
Berikut yang termasuk ruang lingkup garansi:
Garansi tidak berlaku jika
Kerusakan yang ditemukan sudah lewat dari masa garansi.
Bug error terjadi karena adanya perubahan lingkungan. Misalnya: Google memberlakukan kebijakan baru sehingga aplikasi menjadi error.
Bug error terjadi pada fitur yang tidak dikerjakan. Misalnya: Bug terjadi pada Fitur A yang dikerjakan oleh vendor lain.
Lama Garansi
Garansi dihitung dari tanggal serah terima pekerjaan. Lama garansi tergantung dari nilai proyek. Berikut pilihan lama garansi yang biasa diberikan: