User Tools

Site Tools


tech:designlifecycle:validate

Measurement & Learn

Mengukur keberhasilan desain berdasarkan hasil dari uji kelayakan berdasarkan:

  1. Effectiveness, Apakah pengguna cepat mengetahui informasi yang dibutuhkan?
  2. Efficiency, Apakah pengguna nyaman dengan infromasi yang ada dihalaman tersebut?
  3. Satisfaction, Apakah ekspektasi pengguna tercapai saat ada dihalaman tersebut?

Usability Testing

Responden

  • 5 responden setiap persona
  • Lakukan dengan Real Potensial user persona.
  • Jika tidak ada responden sesuai dengan persona, gunakan tim dalam perusahaan yang tidak terlibat dengan pengembangan produk secara keseluruhan.

Tahapan Pengujuan

  • Melakukan pengujian kebergunaan produk yang dibuat dengan skenario yang sudah dibuat.
  • Jangan terjebak dengan keinginan pengguna. Fokus, apakah pengguna bisa mencapai tujuan yang sudah di-skenario-kan.

Iterasi

Fokus ke pain point yang dirasa/ditemukan/diterima oleh pengguna ketika melakukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan.

A/B Testing

Mengukur keberhasilan 2 alternatif desain dengan goal yang sudah ditentukan berdasarkan konteks dan tujuannya.

Diantara [Desain A] dan [Desian B] berikut mana yang menurut kamu [konteks] ? Alasannya apa?

Review Final Design

Review desain dilakukan ketika Hasil Usability Testing sudah sesuai dengan target minimum keberhasilan pengujian.

Dari hasil diskusi, sebaiknya perubahan terjadi hanya disisi:

  • Warna
  • UX writing
  • Media
  • Spacing

Perubahan desain bisa diterima apa bila ada isu:

  • Terkait Bisnis
  • Terkait posibility teknis

Handoff

Final desain di-lock dan diharapkan tidak ada perubahan.

Perubahan desain bisa diterima apa bila ada isu:

  • Terkait Bisnis
  • Terkait posibility teknis

Code Prototype Review

  • meninjau dan mengukur keselarasan APK dengan desain High Fidelity.
  • Iterasi maksimal dilakukan 2x
  • Demo Dengan stakeholder
  • Lanjutkan ke tahap integrasi dengan API.
tech/designlifecycle/validate.txt · Last modified: 2021/01/20 09:45 by agilbaka