Proses Brainstroming idea ini bertujuan untuk saling memberi masukan terkait perspektif masing-masing stakeholder agar selaras saat proses pembangunan produk.
Menentukan karakteristik siapa saja pengguna yang akan menggunakan produk.
Pemposisikan diri sebagai pengguna, agar stakeholder dapat merasakan bagaimana pengguna menggunakan produk yang telah dibuat.
Menentukan pengguna berdasarkan tujuan bisnis dan tujuan produk dikembangkan dalam bentuk user persona.
User persona adalah gambaran orang dari kelompok pengguna yang dituju (target market).
Mencari dan menentukan apa saja kemungkinan yang akan terjadi saat pengguna menggunakan produk untuk mencapai tujuan-tujuannya.
Tim engineer bisa memberikan masukan terkait negative case yang terjadi ketika langkah-langkah yang dicapai tidak sesuai dengan aturan yang dibuat.
Mendefinisikan apa saja tujuan pengguna saat menggunakan produk. Biasanya disediakan dalam user requirements atau FSD oleh tim analisis.
Setiap Story memiliki 3 komponen penting, diantaranya:
“Sebagai [Persona] saya ingin [Motivasi] sehingga saya [Ekspektasi]”
Beberapa kemungkinan kondisi pengguna saat ingin menggapai tujuan.
“Sebagai [Persona] saya ingin [Motivasi] sehingga saya [Ekspektasi]”
Menentukan referensi gaya desain dari kompetitor atau produk sejenis dengan produk yang sedang dikembangkan.
Jangan terjebak dengan banyaknya moodboard, cukup 2 - 4 referensi.
Setiap Stakeholder memberikan aspirasi dan imajinasi dari sudut pandang masing-masing dalam pembuatan layout berdasarkan user journey dengan metode crazy 8.
Proses Paper Prototyping