====== Measurement & Learn ====== Mengukur keberhasilan desain berdasarkan hasil dari uji kelayakan berdasarkan: - **Effectiveness**, Apakah pengguna cepat mengetahui informasi yang dibutuhkan? - **Efficiency**, Apakah pengguna nyaman dengan infromasi yang ada dihalaman tersebut? - **Satisfaction**, Apakah ekspektasi pengguna tercapai saat ada dihalaman tersebut? ===== Usability Testing ===== ==== Responden ==== * 5 responden setiap persona * Lakukan dengan Real Potensial user persona. * Jika tidak ada responden sesuai dengan persona, gunakan tim dalam perusahaan yang tidak terlibat dengan pengembangan produk secara keseluruhan. ==== Tahapan Pengujuan ==== * Melakukan pengujian kebergunaan produk yang dibuat dengan skenario yang sudah dibuat. * Jangan terjebak dengan keinginan pengguna. Fokus, apakah pengguna bisa mencapai tujuan yang sudah di-skenario-kan. ===== Iterasi ===== Fokus ke **pain point** yang dirasa/ditemukan/diterima oleh pengguna ketika melakukan langkah-langkah untuk mencapai tujuan. ==== A/B Testing ==== Mengukur keberhasilan 2 alternatif desain dengan goal yang sudah ditentukan berdasarkan konteks dan tujuannya. Diantara **[Desain A]** dan **[Desian B]** berikut mana yang menurut kamu **[konteks]** ? Alasannya apa? ===== Review Final Design ===== Review desain dilakukan ketika Hasil Usability Testing sudah sesuai dengan target minimum keberhasilan pengujian. Dari hasil diskusi, sebaiknya perubahan terjadi hanya disisi: * Warna * UX writing * Media * Spacing Perubahan desain bisa diterima apa bila ada isu: * Terkait Bisnis * Terkait posibility teknis ===== Handoff ===== Final desain di-lock dan diharapkan tidak ada perubahan. Perubahan desain bisa diterima apa bila ada isu: * Terkait Bisnis * Terkait posibility teknis ==== Code Prototype Review ==== * meninjau dan mengukur keselarasan APK dengan desain High Fidelity. * Iterasi maksimal dilakukan 2x * Demo Dengan stakeholder * Lanjutkan ke tahap integrasi dengan API.