====== TLab Design Guidence ====== **TLab Design Guidence** merupakan wadah untuk berkomunikasi antar divisi dan sobat TLab dengan tujuan saling memahami istilah yang sering digunakan oleh divisi desain. ===== TLab Design Guidence in a nutshell ===== ==== Development Section ==== * Mockup * Project Highlight * Design Requirement * TLab Design Life Cycle * User Journey * User Stories * User Context * Wire Flow * Persona * Moodboard * Wireframe * Lo-fi * Hi-fi * Template * Handoff * Usability Testing * A/B testing ==== Company Section ==== * Merchandise * Stasionery * GSM * Brand Identity --------------------------------------------------------------------- ===== Mockup ===== * **Mockup** dibuat untuk mengajukan penawaran project. * Output mockup berupa slide presentasi dengan konten fitur-fitur unggulan. * Setiap Desain mockup disimpan dalam folder project melalui google drive. * Desain yang dibuat merupakan gambaran umum yang tidak detail dalam bentuk hi-fi yang di-trademark. Contoh mockup --------------------------- ===== Project Highlight ===== * **Project Highlight** adalah portofolio dari projects yang pernah dikerjakan * Output dari project Highlight adalah slide peresentasi dari fitur-fitur yang dikerjakan dalam proyek ini * Kontennya Real yang sudah diimplementasikan. link Lebih lanjut terkait project highlight ------------- ===== Design Requirement ===== * **Design Requirement** adalah form untuk mendapatkan referensi kebutuhan klien berdasakan * Brand identity * Kebutuhan warna * Moodboard * Setiap Design Requirement disimpan dalam folder project melalui google drive. [[https://docs.google.com/spreadsheets/d/1KeSjxsbNdnOfpFGB6Gi5uispVC_Ljky3J00TfFu3328/edit?usp=sharing | Template Design Requirement]] ---- ===== TLab Design Life Cycle ===== * **TLab Design Life Cycle** adalah konsep/metodologi antar stakeholder agar selaras dalam proses pengembangan proyek. * TLab Design Life Cycle terdiri dari berbagai pase, diantaranya: * Dokumen kolaboratif * Brainstorming Idea * Prototyping * Learn & Measuring [[tech:designlifecycle| Detail TLab Design Life Cycle]] ------- ===== User Journey ===== * **User Journey** adalah proses untuk mencari dan menentukan apa saja kemungkinan yang akan terjadi saat pengguna menggunakan produk untuk mencapai tujuan-tujuannya. [[tech:designlifecycle:brainstroming|Brainstorming Idea - User Journey]] ---- ===== User Stories ===== * **User Stories** adalah proses untuk mendefinisikan apa saja tujuan pengguna saat menggunakan produk. * Setiap Story memiliki 3 komponen penting, diantaranya: * Persona * Motivasi * Ekspektasi [[tech:designlifecycle:brainstroming|Brainstorming Idea - User Stories]] ---- ===== User Context ===== * **User Context** adalah proses untuk menemukan beberapa kemungkinan kondisi pengguna saat ingin menggapai tujuan. [[tech:designlifecycle:brainstroming|Brainstorming Idea - User Context]] ---- ===== Wire Flow ===== * **Wire Flow** adalah proses untuk menemukan beberapa beberapa alternatif alur untuk mencapai tujuan * Bentuknya seperti flow diagram [[tech:designlifecycle:brainstroming|Brainstorming Idea - Wire Flow]] ---- ===== Persona ===== * **Persona** adalah proses untuk mencari dan menentukan karakteristik siapa saja pengguna yang akan menggunakan produk * Personalitas yang menggambarkan/mewakilkan kelompok pengguna yang dituju (target market). [[tech:designlifecycle:brainstroming|Brainstorming Idea - Persona]] ---- ===== Wireframe ===== * **Wireframe** adalah penggabungan wireflow dalam figma disimpan dengan nama page wireframe * Tahapan di wire flow diganti dengan Lo-Fi design. [[https://www.figma.com/file/grpz4K8lX3EZjNxrc5Hspm/Cari-Hadis?node-id=6%3A4 | Contoh Wireframe]] ----- ===== Lo-Fi ===== * Lo-Fi, Low Fidelity adalah proses menggabungkan semua user journey ke dalam 1 aktifitas. * Pengerjaan Lo-Fi berdasarkan Paper Prototyping. * Lo-fi dibuat dengan wifeframe, dalam figma disimpan dengan nama page wireframe [[tech:designlifecycle:prototyping|Prototyping - Lo-Fi]] ----- ===== Hi-Fi ===== * Hi-Fi, High Fidelity adalah proses implementasi desain berdasarkan Product Brand Principle * Hi-Fi dalam figma disimpan dengan nama page **designing v.1** [[tech:designlifecycle:prototyping|Prototyping - Hi-Fi]] ----- ===== Template ===== * **Template** adalah proses implementasi dari Hi-Fi (web design) ke dalam code * Implementasi Code bisa dalam berbagai jenis tergantung proyeknya, diantaranya: * VueJS/NuxtJS * HTML * Laravel blade ----- ===== Handoff ===== * Handoff adalah proses dimana ketika proses hi-fi sudah disepakati bersama * Handoff dalam figma disimpan dengan nama page **Handoff v.1** * Developer mengimplementasikan design di page handoff ----- ===== Usability Testing ===== * Usability Testing adalah proses untuk mengukur kebergunaan & kenyamaan dari sebuah produk yang dibuat * Usability Testing yang dilakukan biasanya mengukur keberhasilan pengguna mencapai tujuannya ----- ===== A/B Testing ===== * A/B Testing adalah proses untuk mengukur kebergunaan & kenyamaan dari 2 desain yang berbeda. * A/B Testing prosesnya seperti Usability Testing * A/B Testing bisa saja membandingkan 2 flow yang berbeda dengan tujuan yang sama. ----- ===== Merchandise ===== * Merchandise atau Merchandising adalah perlengkapan untuk kebutuhan branding TLab * Pemberian Merchandise biasanya untuk * Peserta event TLab * Peserta magang * Kegitana kolaborasi TLab dengan pihak lain ----- ===== Stasionery ===== * Stasionery adalah perlengkapan yang berhubungan dengan dokumen * Stasionery biasanya terdiri dari * Template google docs * Amplop * Map * id card ----- ===== Brand Identity ===== * Brand Identity adalah aturan penggunaan Logo TLab * Beberapa aturannya berkaitan dengan * Penggunaan Logo berdasarkan jenisnya * Pengunaan Logo berdasarkan latar dan posisinya * Penggunaan warna identitas TLab * Do & Don't